Rabu, 24 Januari 2018

Cara Meluruskan Neck Gitar Yang Bengkok

Pengertian Truss rod Gitar

 Truss rod adalah batang besi yang diletakkan atau ditanam didalam neck atau leher gitar. Letaknya berada didalam neck gitar atau lebih tepatnya diantara sambungan neck dengan fretboard pada gitar. Banyak yang belum tahu tentang truss rod ini. Mulai dari letaknya, bentuk fisiknya hingga fungsi dari truss rod ini.

Letak/posisi truss rod

 Letak dari posisi truss rod ini berada didalam neck atau leher gitar. Pada gitar akustik biasanya ujung truss rod dapat dilihat dari lubang yang ada pada body gitar. Ujungnya memiliki pangkal dengan lubang hexagonal atau persegi enam sebagai tempat untuk memasang kunci L guna mengatur posisi atau untuk meluruskan neck gitar yang bengkok.

 Sedangkan untuk gitar elektrik biasanya ujung trussrod dapat dilihat pada headstock atau kepala gitar. Lebih tepatnya diantara headstock dengan fretboard dan dibawah nut atau penahan senar gitar bagian atas pada neck gitar. Bentuknya sama antara gitar akustik dan elektrik yaitu persegi enam. Tujuan dari bentuk ujungnya juga sama yaitu agar dapat dipasang kunci L untuk mengatur kelurusan neck gitar.
 Untuk lebih detailnya, silahkan lihat gambar berikut.

Dari gambar diatas dapat kita lihat perbedaan dari letak ujung truss rod. Namun ada juga gitar yang tidak memiliki truss rod jika gitar tersebut tidak memiliki kualitas yang baik.

Macam-macam jenis truss rod

Trussrod memiliki beberapa jenis diantaranya :
  • Single truss rod : truss rod jenis ini hanya memiliki satu buah bilah atau batang besi saja. Dengan ujung yang berfungsi sebagai pengatur kelurusan neck. Jenis ini memiliki kemampuan saat dikencangkan untuk menempatkan tekanan di bagian belakang leher sehingga membuat leher gitar membungkuk kebelakang. Hal ini bertujuan untuk menangkal ketegangan senar dan meluruskan neck.

  • Non-adjustable truss rod (T-bar, Square bar) : jenis ini tidak memiliki ujung yang berfungsi untuk mengatur kelurusan neck seperti pada jenis truss rod pada umumnya. Karena jenis ini bersifat permanen tidak bisa diatur seperti truss rod biasanya.


  • Dual action truss rod : jenis ini memiliki dua bilah batang besi untuk menciptakan ketegangan dikedua arah. Perbedaan penting disini adalah batang truss rod ini bisa mnciptakan kelegaan tersendiri. Meskipun tidak terlalu umum neck bisa menjadi kaku sehingga neck tetap rata atau sedikit membungkuk dibawah ketegangan senar.



  • Double truss rod : jenis truss rod ini biasanya digunakan pada gitar yang memiliki 12 senar dan juga gitar bass. Karena dapat memberikan kekuatan dan ketegangan tambahan sehingga neck tidak mudah bengkok. Pemasangannya menggunakan dua buah single truss rod yang dipasang berdampingan. Cara mengaturnya adalah dengan memutar salah satu truss rod kemudian memutar truss rod lainnya agar menghasilkan kelurusan neck yang diinginkan.



Cara meluruskan neck


 Jika anda akan membeli gitar sebaiknya pilihlah gitar yang meiliki truss rod karena akan berguna nantinya. Jika suatu saat neck gitar anda bengkok, kita tinggal meluruskannya kembali dengan memutar truss rod.

 Namun jika gitar anda tidak memiliki truss rod maka kita tidak dapat mengatur kembali kelurusannya. Bukan berarti gitar yang tidak memilik truss rod adalah gitar yang tidak berkualitas ya. Ada banyak gitar tanpa truss rod yang berkualitas baik di pasaran.

 Berikut ini cara meluruskan neck dengan menggunakan truss rod.
 Pertama kita siapkan dahulu alat yang akan kita gunakan yaitu kunci L. Dan pastinya gitar yang akan kita setting kelurusannya. Perhatikan gambar berikut ini.

 Kita dapat mengetahui kebengkokan neck dengan cara menekan senar nomor 6 pada fret 1 dan fret 12 secara bersamaan. Jika senar nomor 6 menempel pada semua fret berarti neck gitar anda sudah lurus.

 Sebelum kita mulai mengatur truss rod, sebaiknya kita kendurkan terlebih dahulu senar gitar anda. Hal ini bertujuan untuk mencegah kerusakan pada gitar baik itu neck atau body gitar.

 Jika senar nomor 6 hanya menempel pada bagian fret nomor 2,3,4,5 dan 8,9,10,11 berarti neck gitar anda bengkok cekung. Jika neck gitar anda bengkok cekung, maka kita dapat meluruskannya dengan cara memutar truss rod menggunakan kunci L kekanan atau searah jarum jam secara perlahan-lahan sambil melihat dan mengecek senar nomor 6 apakah sudah menempel semua atau belum.

 Apabila senar nomor 6 hanya menempel pada bagian fret nomor 5,6,7,8 berarti neck gitar anda bengkok cembung. Cara mengatasinya agar bisa lurus kembali adalah dengan memutar truss rod kekiri atau berlawanan arah jarum jam secara perlahan-lahan sambil mengecek senar nomor 6 apakah sudah menempel semua pada fret gitar atau belum.

 Lakukan cara ini dengan hati-hati dan teliti agar mendapatkan hasil yang kita inginkan demi keamanan gitar anda agar tidak terjadi kerusakan. Namun alangkah baiknya dan lebih amannya bawalah gitar anda ke tukang servis gitar. Meskipun cara yang digunakan sama saja, tetapi yang ahli pasti berpengalaman dalam bidangnya. Sehingga hasilnya pun akan lebih baik.

 Namun jika anda ingin melakukannya sendiri sebagai bahan pembelajaran, maka sah-sah saja karena itu gitar anda dan hak anda sendiri. Jika terjadi kerusakan ya resiko tanggung sendiri. Disini saya hanya berbagi ilmu dan berbagi pengalaman pribadi. Semoga bisa membantu dan bermanfaat.
Protected by Copyscape Online Plagiarism Detector

Tidak ada komentar:

Posting Komentar